Langsung ke konten utama

Keutamaan Basmallah

Tulisan ini merupakan terjemahan dari kitab Tanqihul Qoul Bab III


Diceritakan oleh Imam Atho' dari Imam Jabir bin Abdillah, beliau berkata : "Ketika Allah menurunkan 'Bismillahirrahmanirrahim', mendung berlarian ke arah timur, Anginpun berhenti bertiup, lautpun bergolak, hewan-hewan menegakkan telinganya, Setan di lemparkan dari langit, dan Allah Azza Wa Jalla bersumpah, 'tidak akan di sebut Nama-Nya atas orang sakit kecuali dia akan di sembuhkan, tidak akan di sebut nama-Nya pada sesuatu kecuali di berkahi, dan siapapun membaca Bismillahirrahmanirrahim akan masuk surga'", sebagaimana di tuturkan oleh Sayyidi Syekh Abdul Qodir Al-Jailany.

وقال صلى الله عليه وسلم ما من عبد يقول بسم الله الرحمن الرحيم إلا ذاب الشيطان كما يذوب الرصاص على النار

Rosululloh SAW bersabda: "tiada seorang hambapun yang mengucapkan 'Bismillahirahmanirrahim', kecuali setan itu akan hancur meleleh sebagaimana melelehnya timah ketika dibakar Api".
Ibnu Mas'ud mengatakan bahwa setannya orang Mukmin itu kurus kering, berbeda dengan setannya orang kafir.

Imam Qoys ibnu Hajjaj berkata, "Setanku mengatakan padaku, dulu aku memasukimu sebesar Onta, dan sekarang aku sekecil burung parkit". Aku bertanya, "kenapa begitu?", setanku menjawab : "engkau menghancurkaknku dengan dzikir pada Allah".

وقال صلى الله عليه وسلم ما من عبد يقول بسم الله الرحمن الرحيم إلا أمر الله الكرام الكاتبين أن يكتبوا فى ديوانه أربعمائة حسنة ، وقال صلى الله عليه وسلم من قال بسم الله الرحمن الرحيم لم يبق من ذنوبه ذرة
Rosulullah SAW bersabda, "tiada seorang hamba pun yang mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim kecuali Allah SWT memerintahkan Malaikat Kiraman katibin (malaikat yang mulia di sisi Allah, yang mencatat amal perbuatan manusia) supaya mencatatkan di buku catatannya yakni 400 kebajikan".

Rosulullah SAW bersabda: "barangsiapa mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim sekali saja, maka tiada tersisa secuilpun dari dosa-dosanya (maksudnya adalah dosa dosa kecil/ sogho'ir)".

Diceritakan bahwa Bisyri Al-Hafy menemukan lembaran kertas yang ada tulisannya 'Bismillahirrahmanirrahim', dan dia punya uang 3 dirham dibelikannya minyak wangi untuk meminyaki lembaran itu supaya harum baunya, dan dia merasakan dalam batinnya ada yang berkata, "sebagaimana engkau mengharumkan Namaku/Asmaku, maka akupun akan mengharumkan Namamu".

Rosulullah SAW bersabda: "barangsiapa menuliskan 'Bismillah' dan dia menuliskannya dengan sebagus-bagusnyanya (tulisannya dibuat sebagus mungkin) dengan niatan mengagungkan Allah SWT, maka Orang tersebut akan di ampunkan dosa-dosa terdahulunya dan dosa dosa yang akan datang".

[tata cara penulisan Bismillahirrahmanirrahim]
Dalam riwayat yang diceritakan oleh Imam Al-Khotib Al-baghdady dan Ibnu Asyakir dari Zaid bin Tsabit di ceritakan bahwa, "ketika engkau menuliskan Bismillahirrahmanirrahim maka perjelaslah huruf sinnya dengan niatan mengagungkan Asmanya Allah Subhanahu Wata'ala".

Rosulullah SAW bersabda,: "ketika kalian menuliskan Bismillahirrahmanirrahim maka panjangkanlah tulisan Arrahman (Huruf Arrahman itu dengan memanjangkan Lam dan Mimnya dan membaguskan penulisannnya)", sebagaimana keterangan yang diriwayatkan oleh Imam Al-Khotib dab Dailamy dari Imam Anas bin Malik.

[ Keutamaan Bismillahirrahmanirrahim ]
وقال صلى الله عليه وسلم إن الله سبحانه وتعالى زين السماء بالكواكب وزين الملائكة بجبريل وزين الجنه بالحور والقصور وزين الأنبياء بمحمد صلى الله عليه وسلم وزين الأيام بيوم الجمعة وزين الليالى بليلة القدر وزين الشهور بشهر رمضان وزين المساجد بالكعبة وزين الكتب بالقرآن وزين القرآن ببسم الله الرحمن الرحيم
Rosulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah SWT menghiasi langit dengan matahari, rembulan dan bintang bintang, dan menghiasi golongan Malaikat dengan Jibril, dan menghiasi Sorga dengan para Bidadari dan bangunan yang menjulang, dan menghiasi para Nabi dengan Nabi Muhammad SAW, dan menghiasi hari dengan hari Jum'at, dan menghiasi malam dengan malam Lailatul Qodar, dan menghiasi bulan dengan Bulan Ramadhan, dan menghiasi Masjid dengan Ka'bah, dan menghiasi Kitab kitab para Nabi dengan Al-Qur'an, dan menghiasi Al-Qur'an dengan Bismillahirrahmanirrahim, (dan inilah 10 hal yang di hiasi dengan 10 hal pula)".

Rosulullah SAW bersabda: "barang siapa mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim maka namanya terbukukan sebagai orang yang berbuat baik (abror / orang yang membenarkan/menyatakan keimanannya) dan orang itu terbebas pula dari sifat sifat kufur dan munafik".

Diceritakan oleh Abi Wa'il dari Abdillah bin Mas'ud RA mengatakan, "barang siapa yang ingin terbebaskan dari 19 Malaikat Zabaniyyah (penjaga kerak Neraka) maka hendaknya dia membaca Bismillahirrahmanirrahim, karena Bismillahirrahmanirrahim itu terdiri dari 19 huruf, dengan harapan Allah akan menjadikan setiap satu huruf sebagai perlindungan dari setiap satu dari 19 Zabaniyyah itu".

(Red, Alhamdulillah Semoga Tulisan ini menjadi amal ibadah Kami yang menyusun Pesantren Virtual Tanqihul Qoul ini.)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjemahan Kitab Tanqihul Qoul

Muqodimah بسم الله الرحمن الرحيم الحمدلله رب العالمين والعاقة للمتقين ولا عدوان إلا على الظالمين والصلاة والسلام على خير خلقه محمد وعلى آله وصحبه أجمعين Dengan menyebut Nama Allah yang maha Pengasih dan maha Pemurah Segala puji hanya untuk Allah Tuhan seluruh alam semesta, dan akhir yang baik untuk orang-orang yang bertaqwa, dan tidak ada permusuhan kecuali hanya pada orang-orang yang dzolim, Sholawat dan salam Allah semoga tetap terlimpah kepada  makhluk-Nya yang paling utama, yaitu Nabi agung  Muhammad dan kepada seluruh keluarga dan sahabat-sahabatnya. Ammma ba'du..... Aku (pengarang kitab tanqihul qoul) menginginkan mengumpulkan kitab yang memuat tentang hadist hadist Nabi dan Dawuhnya (perkataannya)Sahabat yang di riwayatkan dengan benar dan bisa di percaya (Isnad sohih wastiq) dan aku membuang beberapa Isnad (agar lebih ringkas) an aku menjadikannya 40 bab dan dalam setiap babnya aku isikan 10 hadist. Aku menamakan kitab ini dengan nama " lubabul hadist &qu

Keutamaan Adzan (Tanqihul Qoul Bab 8)

اَلْبَا بُ الثَّا مَنِ فى فضلةِ الاَ ذَا نِ   BAB yang ke 8 pada keutamaan adzan .   قَالَ النَّبِيُّ صَلَََّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ من اذان لصلاةِ سبعِِ سنينَ محتسباً كتب اللهُ لهُ براةٌُ من النارِ   Bersabda Nabi Solallahu 'alaihi wa sallam: "Siapa yang azan untuk sholat, 7 tahun, ikhlas. Menulis ALLAH untuknya terbebas dari Neraka".   وقَالَ صَلَََّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ من اذان تنتي عشرة سنةََ وجبت له الجنَّةُ Bersabda Nabi Solallahu 'alaihi wa sallam: "Siapa yang adzan 12 tahun, wajib untuknya Syurga".   وقَالَ صَلَََّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ من اذان خمس صلواتٍ ايماناً وحتساباًغفرَلهُ ما تقدم من ذنبهِ Bersabda Nabi Solallahu 'alaihi wa sallam: "Siapa yang adzan pada sholat 5 waktu dengan imam dan ikhlas. Diampuni baginya dosanya yang telah lalu".   وقَالَ صَلَََّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثلاثةٌ يعصمهمُ الله تعالى من عذاب القبرِ الشهيدُ والمؤذنُ والمتوفَّ يومَ الجمعةِ Bersabda Nabi Solallah

Keutamaan Ilmu dan Ulama

Allah Subhanahu Wata'ala berfirman: شهد الله أنه لا إله إلا هو والملائكة وأولوالعلم قائما بالقسط artinya : "Allah Subhanahu Wata'ala bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Dia, dan para Malaikat, dan orang-orang yang berpijak pada keadilan dari orang-orang yang ber-ilmu". Dapat dilihat dari firman di atas bahwasanya Allah SWT mengawali kesaksian dengan diriNya sendiri dan yang kedua adalah para Malaikat dan yang ketiga adalah para ahli ilmu, dan hanya makhluk yang mulia derajatnya sajalah yang dapat bersaksi sejajar dengan kesaksian tuhanNya. وقال النبى صلى الله عليه وسلم لابن مسعود رضى الله عنه ياابن مسعود جلوسك ساعة فى مجلس العلم لا تمس قلما ولا تكتب حرفا خير لك من عتق ألف رقبة ، ونظرك إلى وجه العالم خير لك من ألف فرس تصدقت بها فى سبيل الله ، وسلامك على العالم خير لك من عبادة ألف سنة Nabi Muhammad SAW bersabdapada Ibnu Mas'ud RA ( nama beliau adalah Abdulloh, dan dia adalah sahabat setianya Rosululloh, dia bagaikan bantalnya dalam tidur, alas kaki