Langsung ke konten utama

Keutamaan Berbakti kepada Orang Tua

اَلْبَابُ الثَّلَاثُوْنَ
BAB XXX
فِى فَضِيْلَةِ بِرِّ الْوَالِدَيْنِ 


أى وفى عقوبة عقوقهما كما فى الحديث المرفوع لا يرى وجهى ثلاثة أنفس العاق لوالديه والتارك لسنتى ومن لم يصل علىّ اذا ذكرت بين يديه كذا فى الجوهر المنظم (تنقيح القول)

Bab ini menerangkan keutamaan berbakti kepada kedua orang tua. Selain itu juga ada hadits marfu’ yang menerangkan beratnya siksa bagi orang yang durhaka kepada kedua orang tua (uququl walidain). Sebagaimana di dalam kitab Zawajir. (Lihat: Terjemahan Tanqihul Qaul Keseluruhan bab)

Hadits 1

قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : رِضَا الرَّبِّ فِيْ رِضَا الوَالِدَيْنِ وَ سُخْطُ اللهِ فِيْ سُخْطِ الْوَالِدَيْنِ.

Nabi SAW bersabda: ”Ridha Allah terletak pada ridha kedua orangtua dan murkanya Allah terletak pada murka kedua orang tua.”

(قَالَ النبى صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رِضَا الرَّبِّ فِيْ رِضَا الوَالِدِ) أى الأصل وان علا (وَ سُخْطُ اللهِ فِيْ سُخْطِ الْوَالِدِ) أو قال صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الوَالِدَيْن فى الموضعين وهو شك من الراوى رواه ابن حبان والحاكم وصححاه ورجح الترمذى أنه موقوف وفى رواية رِضَا الرَّبِّ فِيْ رِضَا الوَالِدِ أى الأصل وان علا وَ سُخْطُ الرب فِيْ سُخْطِ الْوَالِدِ أى الذى لا يخالف الشرع رواه الترمذى والحاكم عن ابن عمرو بن العاص والبزار عن ابن عمر بن الخطاب وهو حديث صحيح وهذا وعيد شديد يفيد عن العقوق كبيرة وعلم من ذلك بالأولى أن الأم كذلك وفى رواية الطبرانى عن ابن عمر ورِضَا الرَّبِّ فِيْ رِضَا الوَالِدَيْنِ أى الأصلين وان علوا وسخطه فى سخطهما (تنقيح القول)

Keridhaan Allah SWT itu ada didalam ridhanya kedua orang tua,maka dari itu kaum muslimin harus dapat ridhanya kedua orang tua selagi tidak bertentangan dengan agama walaupun sudah dapat ridhanya kedua orang tua tetapi bertentangan dengan agama, maka perbuatan yang dilakukan itu seperti orang tua yang menyuruh anaknya mencuri lalu anak harus menuruti perkataan orangtuanya ,yang seperti itu tetap dilaknat Allah SWT. Kesimpulannya keridhan Allah SWT ada di dalam ridhanya kedua orang tua, selagi orang tua mengerjakan dan memerintah yang menjurus kepada kebijakan sesuai dengan dalil-dalil agama dan sebaliknya kemurkaan Allah SWT ada di dalam kemurkaan orang tua yang seperti itu juga berkaitan dengan dalil-dalil agama. Berarti yang seperti itu orang tua memberi perintah maksiat lalu tidak dikerjakan anak itu lalu orangtua memurkai anak itu, maka anak tersebut masih diridhai oleh Allah SWT. Kesimpulan hadist ini memberi keterangan yang sesungguhnya siksanya orang yang durhaka kepada orang tua itu berat sekali. Maka kaum muslimin harus berhati-hati, jangan sampai durhaka kepada kedua orang tua dan seharusnya berbakti kepada orang tua. (Tanqihul Qaul)
Hadits 2
وَ قَالَ عَلَيْهِ السَّلَامُ : بِرُّوْا آبَاءَكُمْ تَبِرَّكُمْ اَبْنَآءُكُمْ وَعِفُّوْا تَعِفَّ نِسَآءُكُمْ.

Nabi SAW bersabda: ”Berbakti kepada bapak (dan ibu) mu, niscaya anak-anakmu berbakti kepadamu, dan jangan putri-putrimu (terhadap laki-laki dari berzina).”

(وَ قَالَ عَلَيْهِ الصلاة والسَّلَامُ بِرُّوْا آبَاءَكُمْ) أى وأمهاتكم (تَبِرَّكُمْ اَبْنَآءُكُمْ) أى وبناتكم وكما تدين تدان (وَعِفُّوْا) بكسر العين أى عن نساء الناس فلا تتعرضوا لهن بالزنا (تَعِفَّ نِسَآءُكُمْ) أى عن الرجال أى عن الزنا بهم رواه الطبرانى عن ابن عمر باسناد حسن قال البر ماوى مضارع المضاعف اللازم الكسر والمتعدى الضم وما سمع من المضموم فى الأول نادر وما سمع من المكسور فى الثانى نادر فيحفظ فى كل منهما ولا يقاس عليه (تنقيح القول)

Barangsiapa yang berbakti kepada kedua orang tua maka anak-anaknya akan berbakti kepadanya. Sebaliknya orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya maka akan didurhakai oleh anak-anaknya. Begitu pula orang yang menjaga dirinya perbuatan mengabaikan terhadap wanita lain, maka istrinya tidak akan diganggu oleh orang laki-laki lain. Kesimpulanya orang yang menjaga martabat dan kehormatan kelurganya, dia akan dihomati dan diagungkan oleh orang lain. Tetapi sebaliknya, orang yang melakukan perbuatan tidak baik maka perbuatan yang dilakukannya akan berdampak pada dirinya sendiri dan keluarganya. (Tanqihul Qaul)

Hadits 3
وَ قَالَ عَلَيْهِ السَّلَامُ مَنْ اَصْبَحَ وَلَهُ اَبَوَانِ رَاضِيَانِ عَنْهُ اَوْ اَحَدُهُمَا فُتِحَتْ لَهُ اَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَمَنْ اَمْسَى وَلَهُ اَبَوَانِ سَاخِطَانِ عَلَيْهِ اَوْ اَحَدُهُمَا فُتِحَتْ لَهُ اَبْوَابُ جَهَنَّمَ.

Nabi SAW bersabda: ”Barangsiapa yang kedua orang tua atau salah satu darinya lebih awal meridhainya, maka baginya dibukakan pintu-pintu surga. Dan barangsiapa yang kedua orang tuanya atau salah satu darinya lebih akhir memurkainya, maka dibukakan pintu jahanam baginya.”
(وَ قَالَ عَلَيْهِ الصلاة والسَّلَامُ مَنْ اَصْبَحَ وَلَهُ اَبَوَانِ رَاضِيَانِ عَنْهُ اَوْ اَحَدُهُمَا فُتِحَتْ لَهُ اَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَمَنْ اَمْسَى وَلَهُ اَبَوَانِ سَاخِطَانِ عَلَيْهِ اَوْ اَحَدُهُمَا فُتِحَتْ لَهُ اَبْوَابُ جَهَنَّمَ) وفى رواية لابن عساكر عن ابن عباس من أصبح مطيعا لله فى والديه أى أصليه المسلمين أصبح له بابان مفتوحان من الجنة وان كان واحدا فواحد أى ان كان المطاع من الوالدين واحدا فالمفتوح باب واحد قال المناوى وفى هذا الحديث اشارة الى أن طاعة الوالدين لم تكن مستقلة بل هى طاعة الله وكذا العصيان والأذى (تنقيح القول) Hadist ini diriwayatan oleh imam ibnu Asyakir menjelaskan, bahwasanya barang siapa yang taat kepada Allah SWT dengan berbakti kepada kedua orang tuanya di waktu pagi hari maka dibukakan pintu surga baginya, begitu pula sebaliknya. Dan menurut imam munawir hadist ini memberikan keterangan yang sebenarnya berbakti kepada kedua orangtuanya itu termasuk setengah dari taatnya kepada Allah SWT. Dan barang siapa yang berbuat durhaka kepada kedua orang tuanya maka dia berbuat maksiat kepada Allah SWT. (Tanqihul Qaul)

Hadits 4
وَ قَالَ عَلَيْهِ السَّلَامُ اِذَا كُنْتَ فِى الصَّلَاةِ فَدَعَاكَ اَبُوْكَ فَاَجِبْهُ وَاِنْ دَعَتْكَ اُمُّكَ فَاَجِبْهَا.

Nabi SAW bersabda: ”Jika kamu sedang salat (sunah), lalu ayahmu memanggilmu maka jawablah dia, dan jika ibumu memanggilmu, maka jawablah dia.”
(وَ قَالَ عَلَيْهِ الصلاة والسَّلَامُ اِذَا كُنْتَ فِى الصَّلَاةِ) أى النافلة (فَدَعَاكَ اَبُوْكَ فَاَجِبْهُ وَاِنْ دَعَتْكَ اُمُّكَ فَاَجِبْهَا) أى فان اجابة الوالدين فى النفل أفضل من عدمها ان شق عليهما عدمها وتحرم اجابة الوالدين فى الفرض وتبطل الصلاة بها مطلقا أى سواء كانت فى الفرض أو فى النفل (تنقيح القول)

Ketika melakukan salat sunah,lalu kedua orangtuamu memangil-manggil maka lebih baik kamu menjawab panggilanya.Sebab menjawab panggilanya itu hukumnya wajib.maka dari itu kaum muslimin dilarang melakukan perintah sunah dengan meninggalkan perintah wajib maka pahalanya seperti melakukan perintah sunah yang dibatalkan itu tetap bisa diperoleh.Kesimpulanya hadist ini memberi keterangan kepada kaum muslimin wajib menjawab panggilan kedua orangtua,walaupun itu melakukan salat sunah.Tetapi kaum muslimin tidak boleh membatalkan salat wajib(salat fardhu) walupun hanya untuk menjawab panggilan dari kedua orangtua,Dijaman modern ini banyak sekali orang-orang yang mengabaikan panggilan kedua orangtua ketika melakukan salat sunah,sehingga dia tidak bisa memperoleh kemulian hidup yang sejati. (Tanqihul Qaul)

Hadits 5

وَ قَالَ عَلَيْهِ السَّلَامُ : مَنْ آذى وَالِدَيْهِ اَوْ آذى اَحَدَهُمَا يَدْخُلُ النَّارَ.

Nabi SAW bersabda: ”Barangsiapa yang menyakiti kedua orang tuanya atau menyakiti salah satu dari keduanya, maka dia masuk neraka.”
(وَ قَالَ عَلَيْهِ الصلاة والسَّلَامُ مَنْ آذى وَالِدَيْهِ اَوْ آذى اَحَدَهُمَا يَدْخُلُ النَّارَ) وقال أنس بن مالك رضى الله عنه كان على عهد رسول الله صلى الله عَلَيْهِ وسلمُ رجل يسمى علقمة وكان كثير الاجتهاد عظيم الصدقة فمرض يوما مرضا شديدا واستد مرضه فبعثت زوجته الى النبى صلى الله عليه وسلم فقالت يا رسول الله ان زوجى فى نزع روحه فأردت أن أعلمك بحاله فقال النبى صلى الله عليه وسلم لأصحابه انطلقوابنا اليه قال فلما دخلوا عليه قال له النبى صلى الله عليه وسلم يا علقمة كيف ترى حالك فلم ينطق فلما رآه لم ينطق بشىء فعلم أنه هالك فلقنه النبى صلى الله عليه وسلم الشهادة فلم ينطق بها فكرر عليه مرارا فعلم أنه هالك فقال صلى الله عليه وسلم أله أب فقالوا له يا رسول الله ان أباه قد مات وان له أما كبيرة السن فدعا بها النبى صلى الله عليه وسلم فأتوابها اليه صلى الله عليه وسلم فقال لها النبى صلى الله عليه وسلم يا أم علقمة كيف كان حال علقمة فقالت يا رسول الله كان يصوم ويتصدق ويصلى وكان فاعلا للخير لكنى ساحطة عليه لأنه كان يؤثر زوجته على أمه فقال النبى صلى الله عليه وسلم لبعض أصحابه انطلق واجمع حطبا على أحرقه بالنار فقالت يا رسول الله لا تفعل بولدى وثمرة فؤادى فقال النبى صلى الله عليه وسلم فعذاب الله أشدان الله تعالى لم يرض الابرضاك ولا يقبل صلاته وصيامه وصدقه مادمت ساحطة عليه فقالت يا رسول الله أشهد الله وأشهدك أنى قد رضيت عليه فتقدم النبى صلى الله عليه وسلم الى علقمة ولقنة الشهادة فنطق بها ومات ساعته قال أنس غسلوه وصلوا عليه ودفنوه فقام النبى صلى الله عليه وسلم على شفير قبره وقال يا معاشر المهاجرين والأنصار من فضل زوجته على والدته لم يقبل الله منه صرفا ولا عدلا فالصرف هو النافلة والعدل هو الفريضة كذا فى الجواهر للسمر قندى (تنقيح القول)

Hadist ini memberi keterangan bahwa sesungguhnya orang yang menyakiti hati kedua orang tua atau menyakiti badannya, maka akan dimasukan ke neraka. Durhaka kepada kedua orang tua itu termasuk dosa besar untuk menuju jalan ke neraka, sebaliknya berbakti kepada kedua orang tua itu termasuk jalan untuk menuju ke surga. Maka dari itu kaum muslimin harus berbakti kepada kedua orang tua. Sahabat Annas bin Malik ra memberi keterangan ketika Rasulullah SAW masih hidup, ada salah satu kejadian yang berkaitan dengan sahabat yang bernama Al-Qomah. Dia itu termasuk salah satu sahabat yang ahli melakukan jihat fisabililah, ahli sedekah, ahli ibadah sunah dan selalu bergaul dengan siapapun dengan akhlak yang bagus. Pada suatu hari dia sakit keras lalu sang istri kepada Rasulullah SAW, lalu ia berkata: Hai Rasulullah, suami saya AL-Qomah saat ini sedang menghadapi sakaratul maut (سكرة الموت). Sebab itu saya meminta kehadiran Rasulullah ke rumah saya untuk memberi petunjuk supaya dia meninggal dengan khusnul khotimah (حسن الخا تمه (. Rasulullah lalu pergi dengan didampingi oleh para sahabat, ketika Rasulullah masuk ke rumahnya Al-Qomah lalu Rasulullah berkata: “Hai Al-Qomah, bagaimana keadaanmu saat ini?” Al-Qomah tidak bisa menjawab apa-apa. Ketika Rasulullah melihat keadaan Al-Qomah tidak bisa menjawab lalu Rasulullah membantunya membaca syahadat, tetapi Al-Qomah tidak bisa mengucapkan kalimat syahadat itu, sehingga Rasulullah berulang-ulang kali membacakan kalimat syahadat supaya Al-Qomah bisa mengucapkannya. Akan tetapi Al-Qomah tetap tidak bisa mengucapkan kalimat syahadat. Rasulullah merasa khawatir Al-Qomah meninggal dalam keadaan su’ul khotimah (سوعل الخاتمه), kemudian Rasulullah SAW berkata: Apakah Al-Qomah masih mempunyai seorang bapak?” Lalu jawab orang-orang yang hadir di sana: “Hai Rasulullah ayahnya sudah meninggal, tetapi dia masih mempunyai ibu yang sudah tua renta.” Rasulullah berkata supaya ibunya didatangkan di rumahnya Al-Qomah. Para sahabat lalu menjemput ibu Al-Qomah, sesampainya di sana Rasulullah berkata: “Hai ibu Al-Qomah, bagaimana perbuatan Al-Qomah putramu ketika masih hidup?” Jawab ibu Al-Qomah: Hai Rasulullah anak saya Al-Qomah itu salah satu putra saya yang sholeh, banyak melakukan puasa, sholat sunah, banyak melakukan sedekah, dan amal kebaikan. Namun ada salah satu permasalahan yang menjadikan saya tidak rela kepada Al-Qomah yaitu dia lebih mengutamakan istrinya daripada saya.” Mendengar keterangan dari ibunya, Rasulullah lalu memberi perintah kepada para sahabat: ”Hai para sahabat kumpulkan kayu bakar secukupnya untuk membakar Al-Qomah!” Lalu ibunya meminta keterangan dari Rasulullah. “Ya Rasulullah jangan sampai Engkau membakar anak saya Al-Qomah, sebab Al-Qomah itu anak kesayangan saya.” Jawab Rasulullah siksa Allah SWT itu lebih berat dari pada siksa di dunia ini. Maka Al-Qomah tidak bisa selamat dari siksa Allah SWT kecuali dengan keridhanmu. Semua ibadah Al-Qomah tidak bisa diterima kalau kamu masih mempunyai perasaan murka terhadap Al-Qomah, ibunya Al-Qomah berkata: Hai Rasulullah saya bersaksi kepada Allah SWT dan Engkau saya sudah ridha terhadap anak saya Al-Qomah, semua kesalahannya sudah saya ampuni. Rasulullah SAW lalu bertemu Al-Qomah dibantu (diulang membaca syahadat), lalu Al-Qomah bisa membaca syahadat dengan fasih, sesudah mendapatkan keridhan dari ibunya dan sesudah itu Al-Qomah meninggal dunia dengan keadaan khusnul khotimah ( حسن الحا تمه (. Sahabat Annas ra. memberi keterangan dari hadist itu bahwa sesudah Al-Qomah dimandikan, dikafani, disholatkan, dan dimakamkan, Rasulullah lalu berdiri di dekat kuburan Al-Qomah dengan berkata: Hai orang-orang Muhajirin dan kaum Ansor barangsiapa yang memuliakan istrinya daripada ibunya maka Allah SWT tidak akan menerima ibadah sunah dan wajibnya. Seperti diterangkan dalam kitab Jawahir karangan Samar Kand. (Tanqihul Qaul)

Hadits 6
وَ قَالَ عَلَيْهِ السَّلَامُ حِكَايَةً عَنِ اللهِ تَعَالى قُلْ لِلْبَارِّ لِوَالِدَيْهِ اِعْمَلْ مَا شِئْتَ فَاِنَّ اللهَ يَغْفِرُلَكَ.

Nabi SAW. menyabdakan firman Allah Ta’ala: ”Katakanlah (hai,Muhammad) kepada orang yang berbuat baik kepada orang tuanya: “Berbuatlah sesukamu, karena sesungguhnya Allah megampuni kamu.”
(وَ قَالَ عَلَيْهِ الصلاة والسَّلَامُ حِكَايَةً عَنِ اللهِ تَعَالى قُلْ لِلْبَارِّ لِوَالِدَيْهِ اِعْمَلْ مَا شِئْتَ فَاِنَّ اللهَ يَغْفِرُلَكَ) وروى مسلم وغيره لا يجزى الوالد والده الا أن يجده مملوكا فيشتريه فيعتقه وعن أبى هريرة رضى الله عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول مامن عبد صلى الفريضة ودعا لوالديه بالمغفرة الا استجاب الله دعاءه وغفرله ببركة دعائه لهما ولوكانا فاسقين كذا فى رياض الصالحين (تنقيح القول)

Allah SWT memberikan ridhanya kepada orang yang berbakti kepada kedua orangtuanya,sehingga dia mendapatkan jaminan ampunan dari Allah SWT.Sebenarnya yang disebut dengan berbakti kepada kedua orangtua sudah diterangkan didalam pembicaraan Rasulullah SAW: “Setiap anak yang belum bisa disebut berbakti kepada kedua orang tua kecuali jika dia menemukan orang tuanya menjadi budak lalu dibeli dan memerdekaannya.” (H.R. Muslim). Didalam hadist lain Rasulullah juga berkata: “Barangsiapa yang melakukan salat fardhu lalu mendo’akan kedua orang tuanya supaya mendapatkan ampunan dari Allah SWT, maka do’anya dikabulkan oleh Allah SWT dan diampuni dosanya dengan berkah di dalam mendo’akan kedua orang tuanya walaupun kedua orang tuanya termasuk golongan yang fasik.” Seperti itu sahabat Abi Hurairah ra mendengarkan pembicaraan Rasulullah yang diterangkan dalam kitab Riyadus Sholihin. Dengan dasar hadist ini maka kaum muslimin tiap-tiap setelah salat fardhu membiasakan membaca do’a:

اَللَّهُمَّ اِعْفِرْلِ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَارَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Sehingga dengan do’a seperti itu hidupnya mendapatkan barokah,dan mendapatkan keridhan dan ampunan dari Allah SWT,serta termasuk golongan orang yang berbakti kepada kedua orangtua. (Tanqihul Qaul)

Hadits 7
وَ قَالَ عَلَيْهِ السَّلَامُ : بِرُّ الْوَالِدَيْنِ كَفَّارَةٌ لِلْكَبَائِرِ.

Nabi SAW bersabda: ”Berbuat baik kepada kedua orang tua (berupa ucapan dan perbuatan) adalah menjadi penebus dosa-dosa besar.”

(وَ قَالَ صلى الله عَلَيْهِ وسَلّمُ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ) بكسر الباء الموحدة أى الاحسان اليهما قولا وفعلا (كَفَّارَةٌ لِلْكَبَائِرِ) وفى حديث الديلمى وغيره عن الحسن بن على رضى الله عنهما بر الوالدين يجزى عن الجهاد أى ينوب ويقوم مقامه قال المناوى وهذا ورد جوابا لسائل اقتضى حاله ذلك والا فالجهاد أعلى وفى رواية لابن عدى عن أبى هريرة بر الوالدين يزيد فى العمر أى يبارك فى عمر الباربأن يمضى فى الطاعات أو بالنسبة لما فى صحف الملائكة (تنقيح القول)

Durhaka kepada orang tua termasuk dosa besar maka berbaktilah kepada kedua orang tua bisa menebus dosa besar yang dilakukannya. Dan hasilnya berbakti kepada kedua orang tua itu pahalanya sangat besar. Ada di dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Dilami dari Hasan bin Ali bin Abi Tholib ra. diterangkan yang sebenarnya berbakti kepada kedua orang tua itu pahalanya sama dengan pahalanya orang yang melakukan jihad fi-sabililah. Imam Munawi juga memberi keterangan yang sebenarnya berbakti kepada kedua orang tua itu mendapatkan pahala sama dengan orang yang melakukan jihad itu merupakan jawaban buat orang yang mendengarkan pembicaraan nabi. Jika dia ingin melakukan jihad tetapi belum mempunyai tanggungan orang tua yang sudah lanjut usia. Maka Rasulullah SAW berkata: Berbakti kepada kedua orang tua itu pahalanya tidak kalah dengan jihad fi-sabilillah. Jika orang tuanya masih kuat,maka jihad fi-sabilillah itu lebih utama. Imam ibnu Aldi menerangkan salah satu hadist yang sumbernya dari sahabat Abi Hurairah ra., sebenarnya berbakti kepada kedua orang tua bisa menambah keberkahan hidupnya yaitu hidupnya selalu digunakan untuk taat kepada perintah-perintah Allah Swt. serta menjauhi larangan-NYA. (Tanqihul Qaul)

Hadits 8

وَ قَالَ عَلَيْهِ السَّلَامُ : مَنْ وَضَعَ طَعَامًا طَيِّبًا فِى بَيْتِهِ وَاَكَلَهُ دُوْنَ وَالِدَيْهِ اَحْرَمَهُ اللهُ تَعَالى لَذِيْذَ طَعَامِ الْجَنَّةِ.

Nabi SAW bersabda: ”Barangsiapa meletakkan makanan yang baik (enak) di rumahnya, dan memakannya bukan kedua orang tuanya, maka Allah Ta’ala mengharamkan baginya merasakan kelezatan makanan surga.”

Hadits 9

وَ قَالَ عَلَيْهِ السَّلَامُ : مَنْ بَاتَ شَبْعَانَ رَيَّانَ وَاَحَدُ وَالِدَيْهِ جِيْعَانٌ اَوْ عَطْشَانٌ حَشَرَهُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ جِيْعَانًا وَعَطْشَانَ وَلَمْ يَسْتَحْيِ اللهُ مِنْ عَذَابِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ.

Nabi SAW bersabda: ”Barangsiapa yang semalam terasa kenyang dan segar, sedangkan salah satu dari kedua orang tuanya merasa lapar dan dahaga, maka Allah menghimpunnya pada hari kiamat dalam keadaan lapar dan haus,dan Allah tidak malu-malu menyiksanya pada hari kiamat.”

(وَ قَالَ عَلَيْهِ الصلاة والسَّلَامُ مَنْ وَضَعَ طَعَامًا طَيِّبًا فِى بَيْتِهِ وَاَكَلَهُ دُوْنَ وَالِدَيْهِ اَحْرَمَهُ اللهُ تَعَالى لَذِيْذَ طَعَامِ الْجَنَّةِ. وَ قَالَ عَلَيْهِ الصلاة والسَّلَامُ مَنْ بَاتَ شَبْعَانا رَيَّانا وَاَحَدُ وَالِدَيْهِ جِيْعَانٌ اَوْ عَطْشَانٌ حَشَرَهُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ جِيْعَانًا وَعَطْشَانا وَلَمْ يَسْتَحْيِ اللهُ تعالى مِنْ عَذَابِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ) وفى الاحياء قال صلى الله عليه وسلم ان الجنة يوجد ريحها من مسيرة خمسمائة عام ولا يجدر يحهاعاق ولا قاطع رحم (تنقيح القول)

Setiap anak wajib memberi makan kepada kedua orang tuanya. Tidak boleh dia kenyang (bercukupan), sedangkan kedua orang tuanya kelaparan dan membutuhkan minum(kekurangan). Lebih-lebih jika memasak yang enak-enak, kedua orangtuanya harus dikasih. Jika seperti itu tidak dilakukan maka mendapatkan laknat dan siksa dari Allah SWT. Dia tidak bisa mendapatkan kenikmatan surga. Di dalam kitab Ihya Ulumuddin Imam Ghazali berkata, sebenarnya Rasulullah SAW sudah memberikan keterangan: “Mencium harum wanginya surga itu sudah bisa dicium dari jarak 500 tahun, tetapi orang yang durhaka kepada kedua orang tua dan orang yang pelit terhadap saudaranya itu tidak akan bisa mencium harum wanginya surga.” (Tanqihul Qaul)

Hadits 10

وَ قَالَ عَلَيْهِ السَّلَامُ : مَنْ رَفَعَ يَدَيْهِ لِيَضْرِبَ اَحَدَ وَالِدَيْهِ غُلَّتْ يَدُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ اِلى عُنُقِهِ مَشْلُوْلَةً قَالُوْا يَا رَسُوْلَ اللهِ وَاِنْ ضَرَبَهُمَا ؟ قَالَ تُقْطَعُ يَدُهُ قَبْلَ اَنْ يَجُوْزَ عَلَى الصِّرَاطِ وَتَضْرِبُهُ الْمَلَائِكَةُ.

Nabi SAW bersabda: ”Barangsiapa yang menggangkat kedua tangannya untuk memukul salah satu kedua orang tuanya, maka pada hari kiamat tangannya dibelenggu pada lehernya dalam keadaan lumpuh (mati sebelah).” Para sahabat bertanya: ”Bagaimana jika dia memukul keduanya?” Beliau bersabda:”Tangannya dipotong sebelum melewati Ash-Shirath(jembatan melintas di atas neraka menuju surga), dan dia dipukul para malaikat.”

(وَ قَالَ عَلَيْهِ الصلاة والسَّلَامُ مَنْ رَفَعَ يَدَيْهِ لِيَضْرِبَ اَحَدَ وَالِدَيْهِ غُلَّتْ يَدُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ اِلى عُنُقِهِ مَشْلُوْلَةً قَالُوْا يَا رَسُوْلَ اللهِ وَاِنْ ضَرَبَهُمَا قَالَ تُقْطَعُ يَدُهُ قَبْلَ اَنْ يَجُوْزَ عَلَى الصِّرَاطِ وَتَضْرِبُهُ الْمَلَائِكَةُ) وعن أنس ابن مالك رضى الله عنه أنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول مامن رجل مات ووالداه غير راضيين عليه الا أخرج الله روحه على غير الشهادة ولا بخرج من قبره الا وعلى وجهه مكتوب هذا جزاء من عصى الله تعالى هذا جزاء من عق والديه وعن على بن أبى طالب كرم الله وجهه ورضى الله عنه قال كنا جلوسا مع النبى صلى الله عليه وسلم أنا وجماعة من الصحابة اذ أتاه رجل فقال السلام عليكم ورحمة الله وبركاته فقلنا له فعليك السلام فقال يا رسول الله ان عبد الله بن سلام يدعوك ليودعك وانه مريض وعلى خروج من الدنيا فلما سمع ذلك رسول الله صلى الله عليه وسلم استوى قائما ثم قال لهم قوموابنا نزور أخانا عبد الله ثم مضى رسول الله صلى الله عليه وسلم هو ومن معه من أصحابه حتى أتوا الى منزله فاستأذنوا عليه فأذن لهم فى الدخول فوجدوه فى غمرات الموت فوقف رسول الله صلى الله عليه وسلم عند رأسه وقال يا عبد الله قل أشهد ان لا اله الا الله وحده لا شريك له وأن محمدا عبده ورسوله فقالها فى أذنه ثلاثا فلما يقلها فقال النبى صلى الله عليه وسلم لا حول ولا قوة الا بالله العلى العظيم امض يا بلال الى امرأته واسألها ما كان يعمل زوجها فى الدنيا وما كان شغله فسألها فقالت له يا بلال وحق رسول الله ما أعرف من يوم تزوجنى أنه ترك الصلاة خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم ولا مضى عليه يوم الا تصدق فيه بشىء لوجه الله تعالى فقال النبى صلى الله عليه وسلم ان الأمر لمجيب اسألها يا بلال هل له والدة فقالت يا رسول الله انها غضبانه عليه فقال النبى صلى الله عليه وسلم يا بلال امض لوالدته فمضى اليهاوقال أجيبى النبى صلى الله عليه وسلم فقالت وما ذلك فقال يصلح بينك وبين ولدك عبد الله وانه على خروج من الدنيا فقالت فحق رسول الله لا أمضى ولا أجعلنه فى حل مما أذانى لا دنيا ولا أخرى أنها امتنعت فأتى بلال الى النبى صلى الله عليه وسلم وأعلمه بذلك فقال النبى صلى الله عليه وسلم يا عمر و يا على اذهبا فأتيابها فذهبا اليها فلما دخلا عليها قالا لها أيتها العجوزان النبى صلى الله عليه وسلم يدعوك فقالت وما يريد منى فهل له من حاجة فقالا لها لابد أن تمشى معنا فمشت معهما حتى أتت الى النبى صلى الله عليه وسلم فقال لها النبى صلى الله عليه وسلم أيتها العجوز انظرى الى ولدك وما هو عليه فلما نظرت اليه قالت يا ولدى لا أجعلك اليوم فى حل من حق لا فى الدنيا ولا فى الآخرة فقال النبى صلى الله عليه وسلم أيتها العجوز خافى الله عز وجل واجعليه فى حل فقالت يا رسول الله كيف أجعله فى حل وهو قذرنى وضربنى وطردنى من بيته لأجل امرأته فقال النبى صلى الله عليه وسلم اجعليه فى حل فقالت العجوز أشهدك يا رسول الله أنت ومن معك أنى جعلته فى حل فقال النبى صلى الله عليه وسلم يا عبد الله قل أشهد ان لا اله الا الله وحده لا شريك له وأن محمدا عبده ورسوله فرفع صوته باشهادة ثم توفى على ذلك رضى الله عنه فلما صلينا عليه ودفناه قال النبى صلى الله عليه وسلم يا معاشر المسلمين الا من كان له والدة ولم يبرها خرج من الدنيا على غير شهادة كذا فى رياض الصالحين للعارف بالله يحي النووى (تنقيح القول)

Hadist ini memberikan keterangan sebenarnya memukul (menyakiti badannya) kedua orang tua itu termasuk dosa besar yang siksanya sangat pedih. Maka kaum muslimin jangan sampai durhaka kepada kedua orangtua, apalagi membuat sakit badannya kedua orangtua. Sahabat Annas bin Malik sudah memberikan keterangan jika dia mendengar Rasulullah SAW berbicara: “Orang yang ditinggal mati oleh kedua orang tuanya akan tetapi kedua orang tuanya tidak ridha kepada dia (anaknya), namun pada waktu itu dia mati, maka dia mati kafir. Dan ketika dibangunkan dari kubur, di dahinya (wajahnya) ada tulisan: Inilah balasan orang maksiat kepada Allah SWT. Dan inilah orang yang durhaka kepada kedua orangtua.” Sahabat Ali bin Abi Tholib memberikan keterangan, suatu hari saya dengan para sahabat duduk bersama-sama dengan Rasulullah SAW, beliau berkata ada orang laki-laki datang ketika mengucapkan salam: السلام عليكم ورحمة الله وبركة . Setelah saya menjawab salam, orang laki-laki itu lalu berkata kepada Rasulullah: ”Ya Rasulullah, Abdullah bin Salam meminta Rasulullah ada di dalam syukurannya, karena pada waktu itu dia sedang sakit para.” Setelah berbicara seperti itu kepada Rasulullah lalu dia diam, mengajak para sahabat ziarah (menjenguk) Abdullah bin Salam. Ketika Rasulullah dan para sahabatnya (bala tentaranya) sudah sampai di rumahnya Abdullah bin Salam, lalu disuruh masuk ke dalam kamarnya. Ketika itu keadaan dia sudah sakaratul maut.(سكرة الموت). Maka Rasulullah lalu berbicara atau berbisik di sebelah kepalanya Abdullah, dengan berbicara: “Ya Abdullah, ucapkan اشهد ان لااله الاالله واشهد انّ محمد رسوله وحول ولاقوة الا بالله العلىى الظيم” Berbicara seperti itu diulang sampai 3 kali oleh Rasulullah sampai di dekatkan dalam telinga Abdullah bin Salam, tetapi Abdullah tidak bisa mengucapkan kalimat syahadat tersebut. Maka Rasulullah berbicara: “Wahai Bilal, panggilkan isrtinya Abdullah bin Salam dan tanyakan pekerjaannya Abdullah bin Salam ketika di dunia, serta apa yang menyebabkan dia seperti ini sehingga dia tidak bisa membaca syahadat.” Lalu Bilal menyampaikan pembicaraannya Rasulullah. Jawab istrinya Abdullah bin Salam : ”Wahai Bilal, mulai saya menjadi istrinya Abdullah bin Salam belum pernah saya meninggalkan salat berjamaah dengan Rasulullah, setiap hari pasti dia bershadaqah, dan melakukan perintahnya ridhonya Allah SWT”. Bersamaan Rasulullah menerima jawaban yang seperti itu lalu berkata: ”Jika seperti itu,sangat menggagumkan, maka tanyakan wahai Bilal, Apakah Abdullah bin Salam masih punya ibu.” Lalu ditanyakan kepada istinya Abdullah, ia menjawab jika kepada ibunya sangat durhaka. Rasulullah berkata: “Wahai Bilal panggilkan ibunya Abdullah bin Salam.” Sesampainya di sana Bilal berkata: “Ibu, maukah ibu datang kepada Rasulullah di rumahnya Abdullah bin Salam sudah dalam keadaan sakaratul maut(سكرة الموت (, jawab ibunya: ”Wahai Bilal, Demi haq utusannya Rasulullah, saya tidak akan datang di rumahnya Abdullah bin Salam walaupun yang menyuruh Rasulullah. Karena sakit hatiku belum sembuh terhadap Abdullah, saya tidak ridho/rela dunia akhirat karena dia sudah menyakiti hatiku ibunya Abdullah tetap teguh tidak mau datang kepada Rasulullah. Bilal lalu berbicara kepada Rasulullah, maka Rasulullah lalu menyuruh sahabat Umar bin Khattab dan Ali bin Abi Thalib ra supaya menjemput ibunya Abdullah setelah masuk rumahnya,sahabat Umar dan Ali berkata: ”Wahai orang tua yang sudah lanjut usia, Rasulullah memanggil saya.” Jawabanya:”Ada maksud apa Rasulullah memanggil saya”. Pembicaraan sahabat Umar dan Ali : “Mau tidak mau ibu harus datang bersama saya waktu ini juga.” Sebenarnya ibunya Abdullah bin Salam datang ke Rasulullah bersama sahabat Umar bin Khattab dan Ali bin Abi Tholib. Setelah sampai, Rasulullah berkata: “Wahai ibu, Saya meninggalkan anakmu yang baru sakaratul maut(سكرت الموت ( itu, ibu itu melihat anaknya, lalu berkata: ”Anakku, saya tetap tidak ridho/rela dunia sampai akhirat kepadamu, karena kamu sudah menyakiti hatiku.” Rasulullah berkata: ”Ibu takutlah kepada siksanya Allah SWT. Ampunilah dosanya anakmu jangan sampai anakmu mendapatkan siksa diakhirat.” Jawabannya orang perempuan itu, ”Wahai Rasulullah, sampai di mana saya bisa ridho dan memberikan ampunan kepada dia, padahal saya pernah dihina dan dipukuli. Saya diusir dari rumahnya karena dia membela dan menuruti (memulyakan) istrinya.” Rasulullah berkata: ”Ibu walaupun engkau sangat durhaka/benci kepada anakmu, tetapi pada waktu itu berilah dia ampunan.” Wanita itu lalu berkata kepada Rasulullah: ”Wahai Rasulullah, sampai disaksikan Rasulullah dan para sahabat yang datang saya benar-benar sudah memberi ampunan kepada kesalahan anakku, yaitu Abdullah bin Salam.” Maka Rasulullah lalu berkata kepada Abdullah bin Salam: ”Wahai Abdullah, ucapkanلااله الا الله محمد رسول الله , dengan suara lembut dan halus Abdullah bin Salam mengucapkan kalimat sahadat. Dan ketika itu dia langsung meninggal dalam keadaan khusnul khotimah ( حسن الحا تمه), sahabat Ali bin Abi Tholib memberi keterangan, ketika jenazah Abdullah bin Salam sudah diurus (dimakamkan menurut syara’), lalu Rasulullah berkata dipinggir makam dengan berkata: “Wahai kaum muslimim, ingatlah! Barang siapa mempunyai ibu tidak berbakti ada di dunia ini, maka sewaktu-waktu dia mati maka akan mati kafir. Maka berbaktilah kepada kedua orangtua supaya mendapatkan حسن الحا تمه seperti itu keterangan dalam kitab Riyadus sholihin yang ditulis Imam An-Nawawi Al-Baghdadi. (Tanqihul Qaul)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjemahan Kitab Tanqihul Qoul

Muqodimah بسم الله الرحمن الرحيم الحمدلله رب العالمين والعاقة للمتقين ولا عدوان إلا على الظالمين والصلاة والسلام على خير خلقه محمد وعلى آله وصحبه أجمعين Dengan menyebut Nama Allah yang maha Pengasih dan maha Pemurah Segala puji hanya untuk Allah Tuhan seluruh alam semesta, dan akhir yang baik untuk orang-orang yang bertaqwa, dan tidak ada permusuhan kecuali hanya pada orang-orang yang dzolim, Sholawat dan salam Allah semoga tetap terlimpah kepada  makhluk-Nya yang paling utama, yaitu Nabi agung  Muhammad dan kepada seluruh keluarga dan sahabat-sahabatnya. Ammma ba'du..... Aku (pengarang kitab tanqihul qoul) menginginkan mengumpulkan kitab yang memuat tentang hadist hadist Nabi dan Dawuhnya (perkataannya)Sahabat yang di riwayatkan dengan benar dan bisa di percaya (Isnad sohih wastiq) dan aku membuang beberapa Isnad (agar lebih ringkas) an aku menjadikannya 40 bab dan dalam setiap babnya aku isikan 10 hadist. Aku menamakan kitab ini dengan nama " lubabul hadist &qu

Keutamaan Adzan (Tanqihul Qoul Bab 8)

اَلْبَا بُ الثَّا مَنِ فى فضلةِ الاَ ذَا نِ   BAB yang ke 8 pada keutamaan adzan .   قَالَ النَّبِيُّ صَلَََّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ من اذان لصلاةِ سبعِِ سنينَ محتسباً كتب اللهُ لهُ براةٌُ من النارِ   Bersabda Nabi Solallahu 'alaihi wa sallam: "Siapa yang azan untuk sholat, 7 tahun, ikhlas. Menulis ALLAH untuknya terbebas dari Neraka".   وقَالَ صَلَََّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ من اذان تنتي عشرة سنةََ وجبت له الجنَّةُ Bersabda Nabi Solallahu 'alaihi wa sallam: "Siapa yang adzan 12 tahun, wajib untuknya Syurga".   وقَالَ صَلَََّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ من اذان خمس صلواتٍ ايماناً وحتساباًغفرَلهُ ما تقدم من ذنبهِ Bersabda Nabi Solallahu 'alaihi wa sallam: "Siapa yang adzan pada sholat 5 waktu dengan imam dan ikhlas. Diampuni baginya dosanya yang telah lalu".   وقَالَ صَلَََّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثلاثةٌ يعصمهمُ الله تعالى من عذاب القبرِ الشهيدُ والمؤذنُ والمتوفَّ يومَ الجمعةِ Bersabda Nabi Solallah

Keutamaan Ilmu dan Ulama

Allah Subhanahu Wata'ala berfirman: شهد الله أنه لا إله إلا هو والملائكة وأولوالعلم قائما بالقسط artinya : "Allah Subhanahu Wata'ala bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Dia, dan para Malaikat, dan orang-orang yang berpijak pada keadilan dari orang-orang yang ber-ilmu". Dapat dilihat dari firman di atas bahwasanya Allah SWT mengawali kesaksian dengan diriNya sendiri dan yang kedua adalah para Malaikat dan yang ketiga adalah para ahli ilmu, dan hanya makhluk yang mulia derajatnya sajalah yang dapat bersaksi sejajar dengan kesaksian tuhanNya. وقال النبى صلى الله عليه وسلم لابن مسعود رضى الله عنه ياابن مسعود جلوسك ساعة فى مجلس العلم لا تمس قلما ولا تكتب حرفا خير لك من عتق ألف رقبة ، ونظرك إلى وجه العالم خير لك من ألف فرس تصدقت بها فى سبيل الله ، وسلامك على العالم خير لك من عبادة ألف سنة Nabi Muhammad SAW bersabdapada Ibnu Mas'ud RA ( nama beliau adalah Abdulloh, dan dia adalah sahabat setianya Rosululloh, dia bagaikan bantalnya dalam tidur, alas kaki